Unsur Laporan Keuangan Penunjang Bisnis

Perusahaan dapat berkembang jika arus keluar masuk kas jelas. Selain itu unsur laporan keuangan juga harus lengkap agar bisnis berjalan lancar.

Semua informasi terkait modal, biaya produksi, aset dan yang lainnya harus ada pendataan lengkap tanpa kecuali.

Apa saja yang menjadi unsur penting untuk laporan keuangan perusahaan, tulisan ini akan mengulasnya dengan lengkap dan mudah dipahami.

Mengenal Apa Itu Laporan Keuangan

Mengenal Apa Itu Laporan Keuangan

Unsur laporan keuangan pastinya berkaitan dengan perusahaan dan data lengkap tentang finansial bisnis.

Untuk itu, alangkah lebih baik mengetahui apa itu laporan keuangan perusahaan terlebih dahulu.

Sederhananya, laporan keuangan merupakan dokumen lengkap yang isinya informasi keuangan bisnis dalam jangka waktu tertentu.

Dari laporan akan terlihat seberapa jauh situasi finansial bisnis apakah semakin baik, tidak berkembang atau malah semakin buruk.

Apa saja isi informasi laporan keuangan? 

Ada banyak macamnya termasuk pencatatan transaksi pembelian, penjualan hingga pengeluaran dan pendapatan lain bisnis.

Semua yang memiliki nilai ekonomi dan moneter tercatat dengan lengkap nominalnya, tanggal secara real time.

Selain itu unsur laporan finansial bisa dipilah dalam periode tertentu.

Periode yang dimaksud bisa mingguan, bulanan, per tiga bulan, per enam bulan hingga setahun sekali tergantung perusahaan.

Laporan keuangan bisnis harus lengkap dan akurat bertujuan memberikan informasi tentang perjalanan keuangan bisnis pada stakeholder dan pemegang saham.

Perusahaan dengan keuangan lengkap dapat dilihat kinerja sumber daya manusia sekaligus mencari masalah yang ada.

Dari masalah inilah diputuskan strategi terbaik tentunya dengan dasar keuangan lengkap guna mencapai keputusan bisnis terbaik.

5 Jenis Laporan Keuangan

5 Jenis Laporan Keuangan

Laporan keuangan terbagi menjadi 5 jenis dengan standar masing-masing yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Berikut jenisnya yang berkaitan dengan unsur laporan keuangan, yaitu:

Laporan Laba Rugi

Tujuan dokumen laporan laba rugi untuk mengetahui perusahaan untung atau rugi. Ada 3 hal fokus laporan ini yaitu pendapatan, pengeluaran dan untung rugi.

Laporan Neraca

Laporan neraca mendata informasi terkait kewajiban perusahaan, aset dan modal dalam jangka waktu tertentu.

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal kelanjutan dari laporan laba rugi yang berfungsi untuk melihat perubahan modal dan penyebabnya.

Laporan Arus Kas

Arus kas berguna melihat cash flow perputaran pendapatan dan pengeluaran perusahaan secara rinci.

Catatan Atas Laporan Keuangan

Semua laporan sebelumnya tercatat lengkap dalam catatan atas laporan keuangan. Jadi, jika investor atau pihak lain membutuhkan bisa langsung melihat dokumen ini.

Kelima jenis laporan keuangan sangat penting dibuat dengan benar, baik dan apa adanya.

Dari laporan tersebut akan terlihat kinerja bisnis baik perkembangan atau kemunduran secara konkrit.

Unsur Laporan Keuangan Penunjang Bisnis

Unsur Laporan Keuangan Penunjang Bisnis

Laporan keuangan dengan data lengkap meliputi berbagai unsur tertentu. 

Unsur laporan keuangan terbagi menjadi beberapa bagian dengan karakter hitungan berbeda.

Apa saja unsur laporan keuangan sebagai penunjang bisnis, dapat cek lengkap berikut ini.

Aset

Laporan keuangan lengkap dengan data berupa aset perusahaan. Aset yang dimiliki perusahaan harus terdata lengkap dalam laporan finansial bisnis.

Aset perusahaan terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Aset tidak lancar

Penjelasan aset tidak lancar adalah aset yang tidak bisa dengan mudah diganti menjadi uang tunai sebab membutuhkan proses khusus. 

Contoh aset tidak lancar seperti tanah, gedung dan mesin produksi.

Aset lancar

Aset lancar merupakan aset yang lebih mudah diubah menjadi uang tunai dalam waktu cepat.

Contoh aset lancar seperti beban bayar di muka, kas, piutang dan surat berharga.

Unsur laporan keuangan berupa aset perusahaan harus memiliki catatan lengkap dan jika ada perubahan harus segera diperbaharui.

Pencatatan dan pendataan aset lancar dan tidak lancar sangat penting jika sewaktu-waktu perusahaan membutuhkan dalam keadaan terdesak.

Liabilitas

Liabilitas adalah unsur keuangan berikutnya berupa kewajiban perusahaan yang harus dipenuhi dalam tempo tertentu.

Liabilitas dapat berupa:

Utang jangka pendek

Utang jangka pendek perlu segera dilunasi dalam tempo pendek sesuai perjanjian di awal utang. Tempo dapat satu tahun atau bahkan kurang dari itu.

Utang jangka panjang

Adapun utang jangka panjang adalah utang yang harus dibayar dalam tempo setahun atau lebih.

Selain utang jangka panjang dan pendek unsur laporan keuangan dapat berupa beban yang harus dibayarkan dan utang gaji karyawan.

Utang deviden pemegang saham dan penghasilan yang ditangguhkan juga menjadi hal penting dalam informasi laporan keuangan secara lengkap dan akurat.

Ekuitas

Ekuitas mungkin tidak begitu familiar tapi bagaimana dengan modal? Sebetulnya ekuitas memang sama saja dengan modal.

Jadi ekuitas adalah selisih dari aset dan kewajiban perusahaan. 

Nilai ekuitas meningkat

Sederhananya, jika aset pada perusahaan bertambah dan kewajibannya terus berkurang atau tetap maka nilai ekuitas otomatis bertambah atau meningkat.

Nilai ekuitas menurun

Namun, apabila kewajiban terus saja bertambah dan aset tidak meningkat atau malah turun terus, maka nilai ekuitas otomatis menurun.

Pendapatan

Unsur laporan berikutnya pendapatan, yaitu jumlah total semua yang dihasilkan perusahaan. 

Pendapatan bisa didapatkan dari hasil penjualan produk dan jasa serta yang lainnya.

Misalnya:

Bunga bank

Bunga bank yang ada kaitannya dalam bisnis perusahaan masuk dalam unsur laporan keuangan perusahaan.

Penjualan produk atau jasa

Bisnis dapat berkembang baik bidang jasa atau barang. 

Jika menghasilkan produk pakaian, makanan, minuman atau yang lainnya, hasil laba penjualan adalah profit bisnis.

Begitu juga dengan pendapatan berupa jasa yang tentunya akan menambah penghasilan perusahaan.

Penjualan aset juga salah satu pendapatan yang harus tercatat dalam laporan keuangan. 

Dari aset yang terjual, dapat di data nominal sebagai bahan pelaporan rutin.

Pengeluaran

Pengeluaran menjadi catatan penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja. 

Pengeluaran adalah semua uang yang dikeluarkan perusahaan dalam segala proses bisnis.

Proses bisnis mencakup banyak hal, seperti:

Produksi barang

Sebelum barang didistribusikan ke konsumen melalui proses produksi yang membutuhkan biaya untuk pembelian bahan dan alat. 

Semua biaya tersebut tercatat secara lengkap.

Operasional bisnis

Dalam kinerjanya, biaya operasional bisnis menjadi penting terkait pembelian BBM untuk armada, mengangkut bahan produksi hingga pengiriman barang dan lain sebagainya.

Pemberian gaji

Setiap pekerja akan mendapatkan gaji dalam hitungan harian, mingguan atau bulanan tergantung masing-masing usaha. 

Pengeluaran untuk gaji dalam pencatatan yang baik dan benar supaya jelas dan akurat.

Pengeluaran lain mencakup biaya administrasi, biaya depresi aset, biaya bunga atas pinjaman dan lain sebagainya.

Semua unsur laporan keuangan dibuat tanpa manipulasi dan sesuai kenyataan dan penunjang bisnis terbaik. 

Dengan laporan akurat, pemangku jabatan akan melihat sejauh mana bisnis berjalan.

Apabila ada laba, artinya bisnis dapat berkembang sesuai harapan. 

Jika tidak, harus ada pembenahan dengan strategi khusus berdasarkan laporan keuangan yang ada.

Agar bisnis berjalan lebih optimal perlu melakukan konsultasi pada ahli profesional dan berpengalaman yaitu App Now.

Pihak jasa layanan akan membantu semaksimal mungkin supaya bisnis berjalan lancar tanpa ada kendala sama sekali.

Jika ada masalah dapat dibicarakan secara detail untuk mendapatkan solusi paling praktis. 

Berbagai unsur laporan keuangan dapat menjadi acuan dalam pengembangan bisnis melalui jasa terpercaya App Now

Yuk, langsung hubungi App Now sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *