Pengertian CRM berbasis web Menurut Para Ahli dan Tujuan Penggunaannya

CRM berbasis web memang sangat tepat digunakan untuk mendukung bisnis masa kini yang berkiblat pada teknologi.

Hanya dengan memanfaatkannya, seorang pebisnis sudah bisa mengenalkan produknya kepada khalayak luas dalam lingkup nasional maupun internasional.

Jangkauannya yang luas dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan sebuah perusahaan.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan CRM berbasis web? Simak pembahasan selengkapnya di sini.

Definisi CRM Menurut Para Ahli

Definisi CRM Menurut Para Ahli

Sebelum membahas lebih jauh, penting untuk mengerti terlebih dahulu definisi dari CRM web.

Meski termasuk topik baru, tetapi sudah ada beberapa ahli yang membahas mengenai pengertiannya. Berikut pembahasannya:

Francis Buttle

Berdasarkan pendapat dari Francis Buttle, Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi dalam bisnis yang mengaitkan proses dan fungsi internal dengan seluruh jaringan eksternal.

Tujuannya yaitu supaya mendapatkan keuntungan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Jika dikaitkan dengan web, artinya web merupakan jaringan eksternal yang digunakan dalam proses pengenalan produk ke khalayak luas.

Tidak bisa dipungkiri, web merupakan platform dengan banyak pengakses dan mampu menjangkau pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Amin Wijaya Tunggal

Customer relationship management oleh Amin Wijaya Tunggal diartikan sebagai proses pengelolaan informasi rinci mengenai setiap pelanggan.

Tidak hanya terbatas pada satu titik saja, seluruh bagian menjadi fokusnya dengan harapan hasilnya bisa maksimal.

Amin juga berpendapat bahwa CRM juga mampu memunculkan pelanggan-pelanggan setia yang selalu repeat order.

Membahas CRM berbasis web, berarti bahwa perusahaan yang berperan sebagai produsen mencari informasi rinci pelanggannya melalui web khususnya. 

Eric Kurniadi

Pada sebuah artikel yang ditulisnya, Eric Kurniadi berpendapat bahwa CRM adalah sebuah strategi bisnis yang berorientasi pada customer.

Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pendapatan perusahaan sekaligus kepuasan dari konsumen itu sendiri.

Oleh karenanya, kehadiran web di era persaingan bisnis seperti sekarang ini kerap dianggap sebagai angin segar.

Bagaimana bisa begitu? Alasannya karena jangkauannya tidak terbatas hanya di dalam negeri saja.

Fungsi Penting dari CRM Berbasis Web

Fungsi Penting dari CRM Berbasis Web

Sebagai pebisnis yang mulai merintis bisnisnya, mengetahui fungsi dari CRM web menjadi hal penting supaya dapat memaksimalkan fasilitas tersebut.

Masyarakat sekarang ini lebih suka mencari produk yang dibutuhkannya melalui platform online termasuk web.

Alasannya yaitu karena lebih praktis dan efisien. Bagaimana tidak, proses pembeliannya mendukung untuk dilakukan dimanapun. Hanya dari HP atau PC, produk yang diinginkan sudah bisa dibeli.

Melihat fakta tersebut, tentu Anda sudah mulai menebak apa saja fungsi penting dari CRM berbasis web. Berikut penjelasannya:

Fungsi Operasional

Maksud dari fungsi operasional adalah CRM membantu meningkatkan mutu layanan yang dilakukan melalui web.

Fungsi operasional ini umumnya diterapkan dengan pengadaan program loyalitas dan kepuasan pelanggan.

Pemberitahuan mengenai programnya dimuat dalam web resmi perusahaan untuk menjangkau pelanggan di berbagai wilayah, termasuk daerah terpencil sekalipun.

Berbeda dengan CRM berbasis offline, jangkauannya hanya terbatas di sekitar perusahaan saja, tidak luas layaknya CRM web.

Fungsi Analitikal

Fungsi customer relationship management selanjutnya adalah analitik yang berkaitan erat dengan hasil olah data.

Hasil dari pengolahan data tersebut nantinya akan dijadikan sebagai modal untuk pengambilan keputusan.

Jadi keputusan tidak diambil hanya dengan mempertimbangkan pendapat internal perusahaan, tetapi juga pendapat eksternal perusahaan termasuk pelanggan.

Dengan begitu keputusan yang diambil bisa lebih tepat sasaran dan mampu memengaruhi khalayak, terlebih fungsi analitikal biasanya mengandalkan business intelligence.

Keunggulan CRM Berbasis Web 

Keunggulan CRM Berbasis Web 

Berdasarkan penjelasan dari Eric Kurniadi, CRM mempunyai nilai tambah yang tidak boleh diabaikan begitu saja oleh para pemilik bisnis.

Mengenai apa saja itu, penjelasan selengkapnya akan dibahas pada poin-poin berikut:

  • Meningkatkan profitabilitas konsumen pada perusahaan
  • Mempermudah program customer loyalty
  • Membantu merancang program penjualan dan pemasaran
  • Meningkatkan kualitas pelayanan
  • Memudahkan perusahaan mengenali karakteristik sekaligus kebutuhan para pelanggannya

Untuk mencapai semua keunggulan yang telah disampaikan di atas, ada trik tersendiri yang perlu dilakukan. Berikut pembahasannya:

  • Persiapkan database pelanggan terlebih dahulu secara lengkap dan sesuai dengan tujuan dari kegiatan analisis data
  • Apabila ada proses bisnis yang membuat pelanggan kurang nyaman, sesegera mungkin lakukan perbaikan
  • Buat layanan khusus yang menghubungkan pelanggan dengan perusahaan secara cepat, misalnya membuka layanan chat via web atau WhatsApp
  • Pilih CRM berbasis web terbaik supaya investasi berjalan secara optimal tanpa ada kekhawatiran berlebih mengenai terputusnya aliran dana investasi

Tujuan Customer Relation Management Berbasis Web

Tujuan Customer Relation Management Berbasis Web

Berbekal CRM, perusahaan semakin mudah mencapai targetnya meski persaingan dalam bidang bisnis semakin ketat.

Ada beberapa tujuan dari CRM yang akan membantu memajukan bisnis secara signifikan. Simak penjelasan di sini:

Membantu Perusahaan Mengetahui Kebutuhan Pelanggan

Barang atau layanan yang diproduksi oleh perusahaan tentu saja berkiblat pada kebutuhan pelanggan.

Untuk mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan target market, perlu dilakukan analisis kebutuhan pasar. 

Salah satu alat paling membantu mengefektifkan analisa adalah CRM berbasis web. 

Prosesnya dapat dilakukan dengan survey, melihat data analisis dari web atau dari kritik dan saran yang pelanggan sampaikan.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Saat membuat produk, harus mempertimbangkan apa yang kira-kira paling dibutuhkan khalayak.

Pengambilan keputusannya tentu saja dengan mempertimbangkan konsep produk yang diproduksi perusahaan.

Meski sedikit rumit, tetapi tindakan ini akan jauh lebih menguntungkan karena mau tidak mau khalayak harus membeli produk dari perusahaan Anda.

Kesempatan ini harus dimanfaatkan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dengan membuat produk berkualitas.

Mendapatkan Pelanggan-Pelanggan Baru

Tingkat persaingan yang tinggi dalam bisnis menuntut para pebisnis mencari cara jitu untuk mendapatkan pelanggan baru.

CRM berbasis web dalam hal ini dapat diandalkan sebab didukung teknologi terkini untuk menjalankan fungsinya.

Pelanggan-pelanggan baru akan berdatangan, bahkan bukan hanya dari lingkup kecil melainkan menjangkau hingga pasar global.

Hanya saja perusahaan perlu membuat produknya mampu bersaing di pasar global dengan berfokus pada kualitas dan promosi produk.

Mempertahankan Pelanggan yang Ada

Tidak hanya berfokus mencari pelanggan baru, CRM berbasis web sangat membantu dalam mempertahankan pelanggan lama.

Perlu diketahui, sebenarnya pelanggan lama malah sangat potensial. Mengapa begitu? Sebab, ada kemungkinan mereka merekomendasikan produk Anda ke orang terdekatnya.

Berdasarkan sumber yang penulis baca, pelanggan akan loyal dengan suatu perusahaan jika produknya berkualitas dan pelayanannya bagus.

Guna mengefektifkan produk dan layanan yang diberikan, sebaiknya kelompokkan pelanggan berdasarkan minatnya dengan memanfaatkan data CRM.

Memperkuat Nama Brand

Setelah muncul kepercayaan pelanggan, nama brand tentu saja semakin kuat sehingga mampu bersaing dengan brand lain.

Kekuatan brand menjadi hal penting karena semakin hari bisnis dalam berbagai bidang semakin banyak pesaingnya.

Bahkan sangat sering antar brand perang harga yang akhirnya membuat brand lain menjadi melemah.

Potensi nama brand bisa semakin kuat lebih tinggi ketika perusahaan mampu memanfaatkan CRM berbasis web secara maksimal.

Bagi yang masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan CRM berbasis web,dapat mencari tahu informasinya lebih lanjut di App Now.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *