Software ERP Terbaik – Persediaan yang bergerak lambat adalah masalah yang dihadapi banyak bisnis dari waktu ke waktu. Tantangannya adalah mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya, karena alasan mengapa penjualan melambat untuk produk tertentu bisa sangat bervariasi dan solusinya harus sesuai dengan penyebabnya. Mengetahui cara mengidentifikasi produk yang bergerak lambat dalam bisnis Anda, menemukan penyebabnya, dan mengatasi masalahnya adalah keahlian yang penting untuk dimiliki saat menjual produk fisik. Salah satu solusi yang paling tepat adalah dengan menggunakan Aplikasi Point of Sales pada bisnis Anda.
Mengapa demkian? Karena aplikasi ini memudahkan Anda untuk mempermudah transaksi jual beli, sehingga juga akan mengetahui secara pasti dan otomatis terkait ketersediaan produk.
Apa yang Dimaksud dengan Persediaan Lambat Bergerak?
Sebenarnya “slow-moving” akan didefinisikan secara berbeda untuk industri, perusahaan, dan bahkan untuk produk yang berbeda dalam perusahaan yang sama. Definisi umum mengatakan hal-hal seperti, “persediaan yang sudah ada di gudang selama lebih dari X hari” di mana X biasanya 90 atau 120 atau 180. Namun, bisnis yang menjual makanan yang dipanggang atau produk susu tentu tidak dapat menyimpan barang di rak selama 80 hari dan berharap barang tersebut tetap layak untuk dijual.
Bahkan beberapa perusahaan yang produknya tidak rusak tidak dapat menunggu 90 hari untuk menentukan apakah inventaris bergerak lambat atau tidak. Jika perusahaan mengetahui secara kasar berapa banyak unit yang harus dijual setiap minggu atau bulan, perusahaan dapat melihat tingkat penjualan untuk suatu produk alih-alih waktu yang dihabiskan dalam inventaris, yang akan memberikan informasi lebih awal daripada metrik inventaris.
Persediaan Lambat Bergerak vs Persediaan Usang
Persediaan usang, kadang-kadang disebut “persediaan berlebih” atau “dead stock”, adalah persediaan yang tidak diinginkan pelanggan dan bisnis yakin tidak akan terjual. Pada awalnya, mungkin sulit untuk mengetahui apakah inventaris bergerak lambat atau menjadi usang, dan sering kali produk yang menjadi usang akan menghabiskan waktu sebagai inventaris yang bergerak lambat terlebih dahulu. Kebanyakan orang akan menginginkan yang baru, tetapi beberapa orang akan lebih memilih yang lama karena sudah familiar atau untuk menghemat uang mengenai produk terbaru. Model lama itu mungkin baru saja menjadi lambat. Namun, maju satu atau dua generasi teknologi lagi dan model tersebut mungkin sudah benar-benar usang.
Baca Juga: Analisis, Pelaporan, hingga Manajemen Pajak Menjadi Keunggulan Utama Aplikasi Akunting
Inventaris dapat menjadi lambat karena berbagai alasan, mulai dari pergantian musim hingga persaingan yang lebih ketat, pemasaran yang buruk, atau saluran penjualan yang memburuk. Ketika menanggapi persediaan yang bergerak lambat, menemukan penyebab yang mendasari adalah langkah pertama yang paling penting – setiap kemungkinan yang tercantum dalam poin sebelumnya membutuhkan respons yang berbeda. Aplikasi Point of Sales yang baik sangat diperlukan untuk setiap langkah solusi inventaris yang bergerak lambat – mengidentifikasi produk mana yang bergerak lambat, mencari tahu alasannya, dan menyusun respons yang sesuai.
Mengapa Inventaris yang Bergerak Lambat?
Sebuah bisnis dapat menemukan inventarisnya bergerak lambat karena sejumlah alasan. Pesaing baru atau pengganti suatu produk bisa jadi menarik pelanggan. Jika bisnis menjual barang-barang besar seperti mobil dan lemari es, penurunan ekonomi dan kecemasan dapat menyebabkan pelanggan menunda pembelian. Produk yang dulunya “populer” bisa saja ketinggalan zaman atau digantikan oleh produk lain.
Penting untuk mengidentifikasi penyebab inventaris yang bergerak lambat karena dua alasan. Pertama, penyebabnya dapat memberikan solusi. Jika pemasaran tidak menjangkau pelanggan yang tepat, maka perlu solusi yang berbeda dibandingkan jika harga terlalu tinggi. Kedua, inventaris yang bergerak lambat mungkin hanya merupakan artefak dari bagaimana bisnis mengidentifikasinya.
Tingkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis Anda dengan SistemAplikasi ERP Terbaik di Indonesia! Integrasikan semua fungsi bisnis Anda dalam satu platform yang kuat dan mudah digunakan. Dapatkan solusi lengkap untuk manajemen keuangan, inventaris, sumber daya manusia, dan banyak lagi. Gunakan Aplikasi Point of Sales untuk efisiensi manajemen dalam mengatur serta memantau kinerja guna mengevaluasi keberhasilan untuk bisnis Anda. Ayo hubungi kami sekarang dan lihat bagaimana ERP Aplikasi Point of Sales kami dapat mengubah bisnis Anda!