Software ERP Terbaik – Perihal pelaporan yang dihasilkan oleh aplikasi Point of Sales tentang perilaku pelanggan memungkinkan untuk membuat program loyalitas untuk pelanggan tetap, dan bahkan membangun pesanan berulang dari pelanggan yang baru pertama kali datang. Pengalaman pelanggan dapat ditingkatkan dengan menyediakan opsi pemesanan online, dengan memberi tahu pelanggan ketika stok barang habis, dan melalui penjualan silang produk terkait. Sehingga, ulasan berikut ini akan membahas beberapa alasan mengapa bisnis makanan sangat penting untuk menggunakan aplikasi sistem POS.
Manajemen Inventaris yang Lebih Baik
Sistem POS memungkinkan pedagang mengelola tingkat inventaris dengan lebih efisien dan bebas dari kesalahan daripada metode penghitungan stok manual. Ketika stok diterima, stok tersebut cukup dipindai dan jumlahnya dicatat. Demikian juga, pemindai yang terhubung ke inventaris sistem POS akan memperbarui stok sesuai dengan barang yang terjual. Sistem POS akan memberi tahu pedagang ketika stok hampir habis. Perangkat lunak lain juga dapat menyertakan integrasi keamanan untuk melacak potensi pencurian.
Pembayaran yang Cepat
Perangkat lunak POS melakukan perhitungan harga produk dengan cara mempertimbangkan pajak dan diskon, bahkan memperbarui jumlah inventaris untuk menghitung barang yang terjual. Pelanggan menggunakan salah satu dari banyak pilihan pembayaran, seperti kartu debit/kredit, kartu hadiah, atau uang tunai, untuk melakukan pembayaran. Bank pelanggan kemudian mengesahkan transaksi tersebut. Transaksi POS selesai dan tanda terima dicetak. Alasan seperti ini akan mengurangi waktu tunggu pelanggan dengan signifikan.
Pelaporan dan Analitik Tingkat Lanjut
Perangkat lunak POS membantu menghasilkan laporan yang terperinci dan otomatis tentang sejumlah aspek bisnis, mulai dari penjualan, kontak, dan pembelian, hingga harga dan persediaan. Laporan-laporan ini jauh lebih mudah dibuat daripada laporan manual dan dapat diakses sepanjang waktu, secara real time dari mana saja. Oleh karena itu, laporan-laporan ini memberikan gambaran yang jelas tentang kemajuan bisnis, yang menjadi dasar untuk mengoptimalkan proses dan penjualan.
Manajemen Pelanggan yang Lebih Baik
Sistem POS mencatat informasi pelanggan dan memberikan gambaran yang jelas tentang siapa saja pelanggan yang setia. Bisnis kemudian dapat bergerak untuk memberikan insentif kepada pelanggan ini. Manajemen pelanggan yang kuat memungkinkan bisnis menawarkan promosi yang ditargetkan dalam bentuk pemasaran email, pesan telepon, dan sebagainya. Komunikasi yang dipersonalisasi dengan pelanggan setia akan berarti bahwa pelanggan ini akan mempromosikan bisnis di media sosial atau dari mulut ke mulut, sehingga meningkatkan pendapatan dalam prosesnya.
Baca Juga: Perhatikan 4 Hal ini Jika Ingin Bisnis Anda Lancar Memakai Aplikasi Akunting
Manajemen Beberapa Toko
Beberapa aplikasi Point of Sales memungkinkan pengelolaan yang mudah untuk beberapa toko/waralaba pada sebuah jaringan. Toko-toko tersebut mungkin tersebar di beberapa lokasi. Hal ini sangat mengurangi beban kerja perusahaan induk. Perangkat lunak manajemen multi-toko memungkinkan bisnis untuk mengontrol jaringan dari akun perusahaan induk. Jadi perubahan harga, penambahan produk, dan sebagainya, yang dibuat oleh akun induk akan secara otomatis tercermin di tingkat toko-toko anak perusahaan.
Manajemen Karyawan yang Lebih Kuat
Sistem POS mengungkapkan informasi yang berhubungan dengan karyawan seperti penjualan per karyawan, jam kerja, dan penjualan per slot waktu. Hal ini memberikan gambaran mengenai karyawan dengan kinerja terbaik dan terburuk, serta jam sibuk di toko. Sistem POS juga dapat digunakan sebagai jam kerja karyawan, yang memungkinkan manajer untuk menyiapkan jadwal, mengoptimalkan waktu karyawan di lantai, dan memberikan pelatihan dengan lebih efektif.
Akurasi Tinggi dan Efisiensi Waktu
Misalnya saja adalah sistem tampilan dapur yang terintegrasi dengan sistem aplikasi restoran. Sistem tampilan pemesanan ini bekerja dari jarak jauh dan didukung oleh teknologi POS berbasis cloud. Hal ini memungkinkan staf dapur di back office untuk memberikan layanan yang cepat.
Tingkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis Anda dengan SistemAplikasi ERP Terbaik di Indonesia! Integrasikan semua fungsi bisnis Anda dalam satu platform yang kuat dan mudah digunakan. Dapatkan solusi lengkap untuk manajemen keuangan, inventaris, sumber daya manusia, dan banyak lagi. Gunakan aplikasi Point of Sales untuk efisiensi manajemen dalam mengatur serta memantau kinerja guna mengevaluasi keberhasilan untuk bisnis Anda. Ayo hubungi kami sekarang dan lihat bagaimana ERP aplikasi Point of Sales kami dapat mengubah bisnis Anda!