Hindari Penundaan Pembayaran dengan Memiliki Catatan Faktur yang Baik

Hindari Penundaan Pembayaran dengan Memiliki Catatan Faktur yang Baik

Aplikasi ERP – Dalam rangka merencanakan hal-hal yang tidak terduga di tengah ketidakpastian yang ada, perusahaan-perusahaan berusaha keras untuk mengendalikan arus kas dan membangun cadangan. Taktik utama mereka termasuk menegosiasikan ulang dan memperpanjang periode pembayaran, atau terkadang bahkan mengabaikan tenggat waktu. Karena mengumpulkan cadangan kas juga berarti membekukan investasi, proyek-proyek otomatisasi ditunda atau ditunda.

Perihal seperti ini secara tidak langsung akan menjadi penyebab awal dari keterlambatan pembayaran. Sehingga, solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan aplikasiinvoicing pada perusahaan.

Konsekuensi dari Tenggat Waktu Pembayaran yang Terlewat

Ada berbagai macam alasan untuk memperpanjang periode pembayaran. Terlepas dari apakah hal tersebut disengaja atau tidak, hal tersebut memiliki konsekuensi serius bagi pemasok dan pelanggan yang “pembayar buruk”. Tenggat waktu pembayaran yang terlewat merupakan risiko utama bagi pemasok, terutama perusahaan kecil dan kontraktor independen, yang melaporkan bahwa hal ini mempengaruhi arus kas mereka hingga tingkat yang serius atau kritis, bahkan dapat menyebabkan kebangkrutan.

  • Efek domino: Terlalu sering, perusahaan yang menjadi korban keterlambatan pembayaran mendapati diri mereka tidak dapat memenuhi tenggat waktu pembayaran mereka sendiri dengan pemasok.
  • Perlambatan bisnis: Jumlah sumber daya keuangan yang diblokir untuk mengimbangi kebutuhan modal kerja memaksa sebagian besar perusahaan (89% menurut penelitian ini) untuk mempertimbangkan kembali, menunda atau membatalkan investasi dan inisiatif perekrutan yang direncanakan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan keberlangsungan hidup mereka.
  • Kualitas dan kontinuitas barang dan jasa: Dalam upaya memangkas biaya, pemasok mungkin terpaksa mengorbankan kualitas produk dan layanan, atau bahkan mengurangi tenaga kerja mereka. Hal ini dapat membahayakan kemampuan mereka untuk memenuhi permintaan pelanggan.
  • Manajemen pembayaran yang tidak lancar: Menindaklanjuti pembayaran, mengirim pengingat, dan proses penagihan dapat menghabiskan banyak waktu dan uang.

Mengurangi penundaan pembayaran dengan solusi aplikasi invoicing dan payroll otomatis. Seperti yang telah dijelaskan di atas, tidak ada yang diuntungkan dari keterlambatan pembayaran. Inilah mengapa sangat penting untuk memasang solusi yang dapat mengatasi masalah serius ini dengan berbagai pendorong.

Baca Juga: Semakin Tingkatkan Kinerja Manajer dan Karyawan Anda dengan Aplikasi HRD

Proses pembuatan faktur tidak dapat diotomatisasi kecuali jika ada pesanan pembelian untuk memungkinkan rekonsiliasi otomatis. Tim akuntansi harus memproses secara manual apa yang kemudian dianggap sebagai “pengecualian”. Prosedur kontrol dan persetujuan yang menyeluruh harus diikuti dengan orang yang melakukan pembelian, terutama untuk memastikan bahwa tidak ada upaya untuk melakukan penipuan.

Langkah-langkah tambahan ini dapat menyebabkan pembayaran melewati tanggal jatuh tempo. Di sisi lain, Anda dapat membuat komitmen pengeluaran dalam solusi di awal proses pembelian dan secara otomatis menautkannya ke faktur.

  • Penerimaan faktur terpusat: Banyak aplikasi invoicing menyertakan portal khusus di mana pemasok dapat langsung mengunggah faktur mereka, yang kemudian dikumpulkan oleh tim akuntansi atau keuangan pelanggan. Tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengirim dokumen melalui email atau pos, belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk menemukan dokumen yang salah tempat.
  • Penelusuran dan visibilitas ujung ke ujung: Anda bisa menggunakan solusi P2P untuk mendigitalkan dan mengotomatiskan seluruh proses pembuatan faktur, yang memiliki dua tujuan. Pertama, solusi ini menghilangkan tugas-tugas manual dan kesalahan manusia yang secara rutin menunda pembayaran.

Kedua, solusi ini menawarkan penelusuran penuh, mulai dari saat pembelian dilakukan hingga perintah pembayaran faktur diterbitkan. Hal ini memungkinkan tim akuntansi Anda untuk melihat status setiap faktur secara real time sehingga mereka dapat memprioritaskan persetujuan dan pembayaran.

Tingkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis Anda dengan SistemAplikasi ERP Terbaik di Indonesia! Integrasikan semua fungsi bisnis Anda dalam satu platform yang kuat dan mudah digunakan. Dapatkan solusi lengkap untuk manajemen keuangan, inventaris, sumber daya manusia, dan banyak lagi. Gunakan aplikasi invoicing untuk efisiensi manajemen dalam mengatur serta memantau kinerja guna mengevaluasi keberhasilan untuk bisnis Anda. Ayo hubungi kami sekarang dan lihat bagaimana ERP aplikasi invoicing kami dapat mengubah bisnis Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *